Friday, May 18, 2018

Project 04 - Nebula dalam Botol


Halo halooo!!! Setelah dua hari libur akhirnya proyek sainsnya Rayyaan Razqa hadir lagi. Kok libur sih? Iya soalnya kan Kamis 17 Mei puasa pertama dan Rabu 16 Meinya persiapan puasa, jadi peserta Ruang Berkarya Ibu 2 selama dua hari ini bebas setoran he he. 

Kali ini ada cerita proyek sains apa ya? Ada proyek sains yang simpel banget yaitu Nebula dalam Toples. Tau nggak apa itu nebula? Bukan tokoh di film Avengers ya (meski saya juga nggak tau yang mana tokohnya hi hi). Nebula adalah awan antarbintang yang terdiri dari debu, gas, dan plasma.


Lihat deh foto-foto nebula ini. Indah banget ya. Terbentuknya nebula ini macam-macam asalnya. Ada yang terbentuk saat bintang baru mengubah gas di sekitarnya menjadi ion. Ada yang terbentuk dari ledakan suatu bintang dan ada pula yang terbentuk dari bintang yang sudah akan mati.


Nebula yang asli tentu saja sangat jauh. Jaraknya jutaan tahun cahaya dari Bumi. Namun jika ingin melihat 'nebula' dari dekat? Kita buat sendiri yuk nebula di dalam toples.

Baca: Project 01 - Berat Jenis Cairan.

Alat dan Bahan:

1. Toples bening.
2. Kapas bulat.
3. Pewarna makanan.
4. Air.
5. Glitter.



Prosedur:

1. Tuang sedikit air berwarna ke dalam toples.
2. Masukkan kapas bulat, tekan-tekan.
3. Tuang sedikit air berwarna hingga terserap kapas, beri taburan glitter.
4. Ulangi langkah 2 dan 3 hingga toples penuh dengan kapas berwarna dan glitter.


Baca: Project 02 - Telur Terapung dan Tenggelam.

Nah sekarang kita bisa memandang nebula dalam toples. Kalau mau memandang nebula yang asli bagaimana ya? Untuk melihatnya kita harus menggunakan teleskop. Nebula Orion bisa dilihat menggunakan teleskop kecil.


Tapi untuk mendapatkan gambar-gambar yang lebih detil, butuh teleskop super canggih seperti Teleskop Antariksa Hubble. Teleskop ini berada di orbit Bumi dan bisa menangkap jutaan Galaksi yang sangat jauh dan mengirimkan gambar ke Bumi.


Baca: Project 03 - Curah Hujan.

Masya Allah, ternyata dari belajar tentang nebula saja kita makin menyadari kalau Bumi ini hanya sebagian keciiiiil dari alam semesta yang diciptakan Allah. 

"Sungguh penciptaan langit dan bumi itu lebih besar daripada penciptaan manusia, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui." - Al Quran surat Al Mu'min ayat 57.


No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29