Tuesday, April 5, 2016

5 Proyek Sains Sederhana untuk Anak

5 Proyek Sains Sederhana untuk Anak.

Secara naluriah anak-anak memang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, menyelidiki, dan bertanya tentang segala sesuatu yang ada di sekitar mereka. Mereka melakukannya tanpa merasa terbebani bahwa yang mereka lakukan adalah "sains". Mengerjakan proyek sains bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi anak. Mereka bisa menyelidiki dunia sekitar sambil bermain dan bersenang-senang. Tidak butuh alat-alat canggih serta persiapan yang merepotkan untuk mengajak anak melakukan proyek sains. Berikut adalah 5 Proyek Sains Sederhana untuk Anak:


Lewat proyek ini anak belajar tentang peristiwa kapilaritas air dan konsep warna dasar. Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah 6 buah wadah plastik transparan, beberapa lembar tisu makan, air, dan pewarna makanan (merah rose, biru, dan kuning).

Susun wadah plastik membentuk lingkaran, isi 3 buah wadah dengan air dan pewarna makanan dan 3 wadah lainnya dibiarkan kosong (urutan wadah: isi air biru - kosong - isi air merah rose - kosong - isi air kuning - kosong) dan beri tisu makan seperti pada gambar. Setelah beberapa waktu wadah yang tadinya kosong akan mulai terisi air dengan warna-warna baru: oranye, hijau, dan ungu sebagai hasil percampuran warna-warna dasar tadi.


Dalam proyek ini anak membuat miniatur lautan di dalam toples selai. Alat dan bahan yang diperlukan adalah sebuah botol selai bersih, air, pewarna makanan biru, pasir pantai, kerang-kerangan, minyak sayur, rumput plastik, dan hiasan berbentuk bintang. Lebih bagus lagi jika ditambahkan mainan berbentuk hewan laut. Yang perlu dilakukan anak adalah mengisi botol selai dengan bahan-bahan tersebut sehingga terciptalah lautan mini dalam toples selai.


Topik tentang tata surya selalu menjadi hal yang menarik bagi anak. Ajak mereka untuk membuat maket sistem tata surya sendiri dengan menggunakan plastisin atau play dough. Kita bisa membeli plastisin (warna putih) di toko atau membuatnya sendiri (baca resep DIY: Non-Greasy Homemade Play Dough Recipe). Alat dan bahan yang diperlukan selain plastisin berwarna putih adalah kotak bekas, karton hitam, spidol perak, kertas, pewarna makanan oil based, bola plastik kuning, dan spidol hitam serta lem.

Bantu anak membuat bola plastisin dengan berbagai ukuran, warnai sesuai warna planet di dalam buku. Jemur bola-bola planet tersebut hingga kering. Siapkan sebuah kotak, lapisi dengan karton hitam. Gambar lintasan planet dengan spidol perak. Tempel bola plastik (sebagai matahari) dan planet-planet yang terbuat dari plastisin sesuai dengan urutannya, beri label nama. Jadilah maket sistem tata surya yang bisa disimpan selama sebulan.


Di proyek ini anak belajar tentang berat jenis. Di mana berat jenis telur lebih besar dibanding berat jenis air biasa sehingga telur tenggelam. Dan berat jenis telur lebih kecil dibanding berat jenis air garam sehingga telur terapung. Alat dan bahan yang diperlukan adalah telur, gelas, air, 6 sdm garam, dan sendok untuk mengaduk.





Proyek ini mengajak anak membayangkan tentang kejadian meletusnya gunung berapi pada jaman dinosaurus. Alat dan bahan yang diperlukan adalah plastisin, mainan berbentuk dinosaurus, gelas kecil, baking powder, cuka masak, nampan atau wadah plastik, dan pewarna makanan.

Buat gunung berapi dari plastisin, gunakan gelas kecil sebagai 'kawahnya'. Susun dinosaurus di sekitar gunung berapi. Masukkan baking powder dan beberapa tetes pewarna makanan ke dalam 'kawah', tuangi dengan cuka masak dan amati apa yang terjadi. Akan muncul gelembung 'lava' dari kawah karena percampuran baking soda dan cuka masak.



1 comment:

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29