Tuesday, September 20, 2016

7 Tujuan Edutrip Bersama Anak di Bandar Lampung dan Sekitarnya

7 Tujuan Edutrip Bersama Anak di Bandar Lampung dan Sekitarnya

Mama Papa dan teman-temannya Rayyaan jalan-jalan ke mana akhir pekan kemarin? Hanya stay di rumah? Nggak apa-apa. Kan banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan di rumah. Kalau butuh ide silakan ubek-ubek postingan di blog ini he he. Tapi kalau butuh ide tujuan edutrip, simak deh info tentang tujuh tempat wisata ini:

1) Museum Lampung


Museum Lampung

Museum ini terletak di Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No. 64, Gedong Meneng, Bandar Lampung. Di sini orang tua bisa mengajak anak melihat berbagai display seperti hewan langka yang ada di Lampung serta penggambaran letusan gunung Krakatau pada taun 1883. Ada juga koleksi dari jaman prasejarah, koleksi yang menunjukkan warisan budaya pengaruh Hindu-Buddha serta Islam di Lampung. 

Di lantai atas ada benda-benda yang berhubungan dengan kebudayaan masyarakat Lampung seperti alat tenun, miniatur rumah adat, baju pengantin dan miniatur kapal nelayan. Di halaman museum yang luas anak-anak bisa melihat dua buah meriam besi. Ada juga sebuah bola besi raksasa yang dulu digunakan untuk membuka lahan. Di halaman juga terdapat jangkar kapal yang terbawa dari lautan ke wilayah kota Bandar Lampung saat terjadi tsunami akibat letusan gunung Krakatau. Harga tiket masuk ke Museum Lampung Rp 4.000 untuk orang dewasa.

Baca: Jalan-Jalan ke Museum Lampung Part 1.

2) Lampung Horti Park


Lampung Horti Park.


Mama Papa ingin mengajak anak melihat kebun sayur-mayur dan buah-buahan? Ajak mereka mengunjungi Lampung Horti Park yang terletak di Desa Sabah Balau, Lampung Selatan. Meski terletak di Lampung Selatan, tempat ini sebenarnya tidak jauh dari Padang Golf Sukarame dan kampus IAIN yang masuk ke wilayah kota Bandar Lampung. Sayur dan buah yang ada di sini di antaanya adalah pare, belimbing, nanas, pepaya, buah naga, rampai, terong, cabai, dan tomat. Ada juga sayuran yang ditanam secara hidroponik seperti selada dan bok choy. 

Lampung Horti Park bisa dikunjungi mulai dari jam 07.30-16.00. Pengunjung tidak dikenakan biaya masuk. Sayuran dipanen saat sore hari dan pengunjung juga bisa membeli sayur yang dipanen. Lampung Horti Park juga sering dikunjungi murid-murid sekolah dan mahasiswa khususnya dari Fakultas Pertanian. Kalau ingin berkunjung ke sini jangan lupa membawa topi dan lebih bagus lagi jika mengenakan sepatu boots.

Baca: Edutrip ke Lampung Horti Park.

3) Taman Wisata Alam Wira Garden


Taman Wisata Alam Wira Garden.

Mau mengajak anak melakukan kegiatan yang mengembangkan motorik kasarnya sekaligus bisa mengenal alam? Ajak mereka ke Taman Wisata Alam Wira Garden yang terletak di Jalan Wan Abdurrahman, Batu Putu, Teluk Betung, Bandar Lampung. Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 12.500/orang, Mama Papa bisa mengajak anak mencoba berbagai permainan yang ada di tempat ini seperti spider web, perosotan, jungkat-jungkit, mangkuk putar, dan ayunan. Selain itu kita bisa mengajak mereka turun ke bagian bawah Taman Wisata Alam Wira Garden dan bermain-main di sungai.


4) Bumi Wisata Kedaton & Bumi Kedaton Resort


Bumi Kedaton Resort.

Ingin melihat-lihat kebun binatang mini? Ajak anak ke dua tempat yang berdekatan ini: Bumi Wisata Kedaton & Bumi Kedaton Resort. Apa perbedaannya? Untuk melihat-lihat binatang yang ada di Bumi Wisata Kedaton kita harus menaiki mobil wisata khusus. Di sini kita juga bisa mengajak anak ke waterparknya (waterboom) atau sekedar jalan-jalan berkeliling atau duduk-duduk di bawah pohon rindang. Ingin naik kuda atau delman juga bisa. Harga tiket masuk ke tempat ini Rp 7.000/orang. 

Sementara itu di Bumi Kedaton Resort, binatang-binatang yang ada di sini bisa kita lihat dengan berjalan kaki saja. Di bagian bawah juga ada aliran sungai yang bersih. Pengunjung juga sering bermain-main di sungai ini jika arus tidak deras. Harga tiket masuk ke sini Rp 10.000/orang. Kedua tempat ini terletak di Jalan Wan Abdurrahman, Batu Putu, Teluk Betung, Bandar Lampung.

Baca: Jalan-Jalan ke Bumi Wisata Kedaton.

5) Taman Kupu-Kupu Gita Persada


Taman Kupu-Kupu Gita Persada.

Penangkaran Kupu-Kupu Gita Persada dibuka diawali kecintaan Ibu Herawati Soekardi, dosen FMIPA Universitas Lampung pada kupu-kupu. Di taman ini anak-anak bisa melihat proses metamorfosis kupu-kupu dari telur - larva - pupa - imago (kupu-kupu dewasa). Ada rumah kayu yang berfungsi sebagai museum kupu-kupu dan ada juga rumah penangkaran yang berisi banyak kupu-kupu cantik yang terbang bebas. Tak hanya itu, anak-anak juga bisa bermain ayunan, perosotan, atau menaiki rumah pohon yang ada di taman ini. Harga tiket masuk ke taman ini adalah Rp 10.000/orang.

Baca: Edutrip ke Taman Kupu-Kupu Gita Persada.

6) Penangkaran Rusa Tahura Wan Abdul Rachman


Penangkaran Rusa Tahura Wan Abdul Rachman.

Tak jauh dari penangkaran kupu-kupu Gita Persada ada sebuah penangkaran rusa. Di tempat ini tidak dikenakan biaya masuk tapi sebaiknya dari rumah kita sudah menyiapkan sayuran seperti kangkung atau wortel untuk memberi makan rusa. Penjaga tempat ini akan menemani kita memberi makan rusa secara langsung. Selesai memberi makan kita bisa mengajak anak-anak duduk-duduk di depan kantor penangkaran rusa yang banyak terdapat pohon rindang. Penangkaran rusa ini terletak di Jalan Wan Abdurrahman, Kemiling, Bandar Lampung.

Baca: Edutrip ke Penangkaran Rusa Tahura Wan Abdul Rachman.

7) Alam Wawai Eco Friendly Park


Alam Wawai Eco Friendly Park.

Mau menjelajah perbukitan bersama anak sambil melihat pemandangan hijau? Mampir ke Alam Wawai Eco Friendly Park. Yang unik dari tempat ini adalah ada sebuah amphitheater dan dari sini kita bisa melihat pemandangan kota Bandar Lampung. Tanaman yang ada di tempat ini juga banyak yang diberi tanda sehingga kita bisa mengetahui namanya. Beberapa mungkin sudah jarang kita jumpai di tengah makin memadatnya kota dan berkurangnya pepohonan.

Harga tiket masuk ke tempat ini Rp 20.000/orang dan bisa ditukar dengan welcome drink berupa teh dalam kemasan botol. Tempat makan yang ada di sini unik karena berbentuk seperti tenda Indian. Kita juga bisa merasakan berkemah di tenda ala suku Indian hanya saja untuk memesan tempat harus ada minimal 30 orang yang ingin menginap. Alam Wawai Eco Friendly Park terletak di Jalan Raden Ajeng Maulana, Bandar Lampung (tidak jauh dari Summit Bistro Lampung).

Baca: Piknik di Alam Wawai Eco Friendly Park.

Tujuh tempat tersebut bisa jadi pilihan jika ingin mengajak anak edutrip ke tempat yang masih dekat dengan pusat kota Bandar Lampung. Meski demikian sebenarnya edutrip tidak harus ke tempat wisata ya. Kita bisa mengajak anak ke perpustakaan untuk meminjam buku, ke pasar tradisional untuk berbelanja sambil melihat aneka jenis buah, sayur, dan bahan makanan lainnya, atau ke stasiun kereta api.

No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29