Wednesday, September 21, 2016

Science Project: Uji Pati

Science Project: Uji Pati

Buat proyek sains lagi yuk. Akhir-akhir ini si Mama suka agak males ngajak Rayyaan buat percobaan sains. Sementara si bocah suka buka-buka buku di rak buku sambil bilang "Mah bikin ini ya. Mah mau main ini lagi." Hi hi hi. Maafkan ya, Nak. Percobaan kali ini bahan-bahannya mudah sekali didapat. Ya kebanyakan proyek sains yang saya kerjakan bersama Rayyaan memang menggunakan bahan-bahan yang bisa ditemukan di rumah. Selain itu nggak butuh banyak persiapan dan waktu lama untuk mengerjakannya.

Alat dan bahan:

1. 50 ml air panas.
2. 1 sdt tepung terigu.
3. 1 buah gelas.
4. Sendok untuk mengaduk.
5. Obat luka yang mengandung yodium.


Pertama-tama Rayyaan menuangkan terigu ke dalam gelas yang berisi air panas dan diaduk hingga larut. Lalu ia beri beberapa tetes obat luka yang mengandung yodium. Warna airnya terlihat berubah namun perubahan itu segera hilang. Ini karena perbandingan larutan terigu dengan obat luka yang mengandung yodiumnya terlalu besar. Akhirnya saya ambil satu sendok teh larutan terigu dan saya minta Rayyaan meneteskan 1-2 tetes obat luka beryodium. Tuh jadi berubah kan warna larutannya. Di foto mungkin tidak kelihatan jelas ya, tapi ada warna ungu kehitaman.

Baca: Science Project - Apel, Pisang, dan Jeruk Nipis.

Kemudian saya ajak Rayyaan mengambil 2-3 sdt nasi dan sebuah piring kecil. Nasinya kami tekan-tekan sedikit lalu kami teteskan obat luka beryodium. Apa yang terjadi? Nasinya berubah warna menjadi warna ungu!

Eh tiba-tiba saya teringat hoax yang beredar tentang nasi kalau diberi obat luka beryodium dan warnanya berubah menjadi biru atau ungu, itu artinya sudah dicampur pil kontrasepsi. Hah?!?! Padahal sebagian besar dari kita para orang tua mungkin pernah melakukan percobaan semacam ini ya saat sekolah dulu. Nasi atau larutan terigu itu berubah warna setelah ditetesi obat luka beryodium bukan karena ada campuran pil kontrasepsinya, tapi karena ada kandungan patinya. Yodium dalam obat luka akan bereaksi dengan zat pati pada beras atau terigu dan membentuk senyawa baru yang berwarna ungu atau biru tua.





Science Project - Uji Pati ini sebenarnya masih bisa dikembangkan lagi nih. Misalnya dengan menggunakan bahan-bahan lain misalnya tahu, tempe, daging, buah-buahan, dan sayur-sayuran. Bahan makanan tersebut bisa haluskan dulu lalu ditetesi obat luka beryodium untuk mengetahui mana yang mengandung zat pati yang cukup banyak untuk bereaksi dengan yodium dan membentuk senyawa berwarna ungu atau biru tua.

4 comments:

  1. Wah nice tips nih.. kira2 ini uda bs di coba ke anak usia brp ya

    ReplyDelete
  2. Wah, seru ya project sciencenya. Pasti si kecil sukak! Hehe.

    ReplyDelete
  3. Obat luka beryodium? Harus baca dulu komposisinya ya.

    ReplyDelete
  4. Seru banget, mb Heni. Anak2 jadi belajar sains ya.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29