Wednesday, October 19, 2016

Membuat Kolase dengan Kertas Warna-Warni

Membuat Kolase dengan Kertas Warna-Warni

Menempel adalah salah satu kegiatan yang bisa mengembangkan keterampilan motorik halus anak. Menempel bisa juga disebut sebagai kolase atau penyusunan berbagai bahan pada sehelai kertas datar. Salah satu jenis kolase mozaik, yaitu menempelkan bentuk-bentuk kecil menjadi suatu kesatuan dan dapat diartikan juga sebagai menabur. Di kegiatan ini Rayyaan diajak membuat mosaik dari potongan kertas kecil dan membentuk gambar mobil.


Selain gambar mobil, Mama dan Papa bisa membuatkan gambar apa saja yang anak suka. Lalu siapkan beberapa lembar kertas berwarna (bisa pakai kertas lipat) dan potong kecil-kecil. Pada gambar beri petunjuk kertas warna apa yang harus ditempelkan ke bagian-bagian tertentu dari gambarnya. Misalnya nih, bagian body mobilnya berwarna merah, kaca mobil berwarna biru, lampunya berwarna kuning, dan bannya berwarna hijau. Setelah itu minta anak memberi lem pada gambarnya (gunakan lem berbentuk stik), dan minta ia menempelkan potongan kertas sesuai petunjuk.





Manfaat kegiatan ini selain melatih motorik halus anak juga bisa melatih kesabarannya menempelkan potongan-potongan kertas tersebut. Lihat deh mukanya Rayyaan jadi serius he he. Selain itu ia juga jadi belajar memahami dan mngikuti petunjuk. Sempat mau menempelkan kertasnya secara acak, tapi diingatkan Mama kalau setiap bagian mobil harus ditempeli kertas warna sesuai petunjuk. Setelah kegiatan tempel-tempelnya selesai, ini dia hasilnya.

Bahan dan alat:

1. Selembar kertas tebal.
2. Kertas warna-warni.
3. Spidol.
4. Gunting.
5. Lem.

Manfaat:

1. Melatih keterampilan motorik halus.
2. Melatih kesabaran dan konsentrasi.
3. Belajar memahami dan mengikuti petunjuk.

1 comment:

  1. Saya kalau ingat kolase gini ingat zaman masih TK. Suka bikin kolase :D

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29