Monday, October 17, 2016

Mencocokkan dan Mewarnai Macam-Macam Emosi

Mencocokkan dan Mewarnai Macam-Macam Emosi

Seperti orang dewasa, anak-anak juga memiliki macam-macam emosi atau perasaan. Anak-anak juga bisa marah, sedih, gugup, senang, ata mal. Hanya saja mereka terkadang belum bisa mengungkapkan apa yang mereka rasakan lewat kata-kata. Mereka lebih banyak mengungkapkannya lewat tindakan dan caranya terkadang tidak tepat. Misalnya ada anak yang saat marah akan menjerit-jerit atau melempar barang-barang. Ternyata orang tua bisa membantu anak memahami dan mengungkapkan perasaan mereka. Awalnya adalah dengan mengenalkan berbagai jenis emosi atau perasaan misalnya lewat gambar, buku cerita, atau video. 



Beberapa waktu lalu Rayyaan dan Mama pernah menggambari piring kertas dengan beberapa ekspresi wajah seperti senang dan sedih. Kali ini Rayyaan diminta mencocokkan gambar yang memiliki ekspresi wajah yang sama lalu mewarnainya yaitu ekspresi wajah senang, sedih, marah, dan kaget. Sementara empat (4) dulu ya. Di keseharian Rayyaan sudah lebih sering mengungkapkan emosi atau perasaannya lewat kata-kata dan juga ekspresi wajah. Terutama kalau sedang marah atau sedih he he. Bagi Mama sih lebih baik Rayyaan bisa bebas curhat ke Mama atau Papa kalau perasaannya sedang tidak baik, daripada diungkapkan lewat tindakan lain seperti meraung-raung atau melempar-lempar barang.

Baca: Berlatih Menggunakan Gunting.

Senang, sedih, marah, kaget.

Selanjutnya Mama dan Papa yang harus bersabar memeluk dan menenangkan Rayyaan. Memintanya menarik nafas dan memberi pengertian. Tidak mudah sih memang. Terutama saat sebagai orang tua kita juga sedang lelah sehabis mengerjakan aktivitas lain. Tapi dengan berusaha memberinya perhatian saat sedang mengungkapkan perasaannya akan membuat anak merasa dihargai dan merasa penting. Sebagai orang dewasa kalau kita sedang marah atau sedih lalu dicuekin dan tidak ada orang peduli itu diam-diam kesal kan he he, anak-anakpun begitu. Kasihan deh, sedang marah, sedih, senang, atau takut kok dicuekin orang tuanya. Kita tentu tidak ingin kelak saat anak punya masalah tapi merasa sungkan curhat dan mengungkapkan perasaannya ke orang tua dan memilih bercerita ke orang lain yang mungkin saja memberikan solusi atau pengaruh yang kurang baik.

Mana yang punya ekspresi serupa?

Sekarang diwarnai yuk!

Kembali ke aktivitas bersama Rayyaan. Kegiatan mencocokkan emosi dan mewarnai gambarnya ini selain untuk mengenalkan jenis-jenis emosi atau perasaan juga untuk melatih motorik halusnya terutama dalam hal memegang dan menggunakan pensil warna. Rayyaan juga boleh bebas berkreasi ingin menggunakan warna apa saja untuk mewarnai gambar-gambar wajahnya. 

Bahan & alat:

1. Spidol.
2. Kertas.

Manfaat:

1. Mengenal berbagai jenis emosi/perasaan.
2. Berlatih mengungkapkan emosi.
3. Melatih kemampuan memecahkan masalah.
4. Melatih keterampilan motorik halus.
5. Merangsang kreativitas.

No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29