Monday, May 21, 2018

Project 07 - Menanam Kacang Hijau


Project 07 - Menanam Kacang Hijau. Siapa yang pernah makan sayur tauge atau bubur kacang hijau? Kalau di rumah ada kacang hijau mentah, coba ditanam yuk.


Alat dan Bahan:

1. 2 gelas plastik bekas air mineral.
2. Kapas.
3. Air.
4. Kacang hijau.


Baca: Project 06 - Buih Warna-Warni.

Prosedur:

1. Isi gelas dengan kapas, basahi dengan sedikit air.
2. Beri beberapa biji kacang hijau.
3. Letakkan satu gelas di tempat terbuka (misalnya di samping rumah).
4. Letakkan gelas lain di tempat gelap.
5. Amati selama seminggu.



Hasil Pengamatan:

Biji kacang hijau di gelas yang disimpan di tempat gelap memang lebih cepat tumbuh dan meninggi. Namun di hari ke tujuh, tanaman kacang hijau yang berada di tempat terang sudah mulai ada daunnya. Tanaman kacang hijau yang disimpan di tempat gelap memang awalnya lebih cepat menjadi tinggi namun tidak kunjung muncul daunnya dan setelah satu minggu bahkan pucuknya menjadi layu.



Penjelasan:

Kacang hijau membutuhkan lingkungan yang gelap, hangat, dan lembab untuk bertunas. Namun setelah bertunas, tanaman kacang hijau butuh sinar matahari, udara, serta air untuk bertahan hidup. Karena itu tanaman yang terus-terusan diletakkan di tempat gelap meski awalnya lebih tinggi, kemudian malah berhenti tumbuh bahkan layu. Sementara tanaman yang diletakkan di luar rumah, daunnya tumbuh subur.


Jika ingin membuat tauge memang sebaiknya wadah disimpan di tempat yang gelap. Namun jika kacang hijau ingin dipelihara menjadi tanaman, setelah berkecambah sebaiknya diletakkan di tempat yang mendapat sinar matahari secukupnya.



No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29