Friday, May 11, 2018

Welcome Back to Let's Play and Learn!


Welcome Back to Let's Play and Learn. Assalamualaikum, alhamdulillah akhirnya blog ini bisa keisi lagi #terharuuuuu. Terima kasih untuk proyek Ruang Berkarya Ibu 2, Mama Rayyaan Razqa jadi semangat lagi untuk mengisi blog ini. Insyaa Allah selama kurang lebih 3 bulan ke depan, cerita tentang kegiatan main sambil belajarnya Rayyaan dan Razqa dan ini adalah postingan pemanasannya he he.


Sekilas Tentang Ruang Berkarya Ibu

Ruang Berkarya Ibu itu apa sih? Singkatnya RBI adalah wadah untuk para ibu di Komunitas Ibu Profesional untuk berkarya dan mengaktualisasikan diri sesuai fitur unik masing-masing. Proyek perdananya bertema "Mengikat Makna dari Aktivitas Engage-Observe-Listen Bersama Anak". Dari proyek pertama ini ada buah karya berupa buku antologi pesertanya yang berjudul "Coretan Penaku Sebuah Warisan Untukmu", dan saya sudah punya sebagai hadiah kuis di kulwapp yang diadakan oleh Ibu Profesional.

Ruang Berkarya Ibu 2

Kini RBI sudah menjadi program nasional di Komunitas Ibu Profesional dan proyek keduanya temanya adalah "Kenali Potensimu, Ciptakan Ruang Berkaryamu". Selain karena buku pertama proyek ini sukses membuat saya kepincut, temanya juga menarik buat saya yang masih sering rasan-rasan tentang bakat diri. Soalnya kalau orangtuanya nggak tau bakatnya sendiri, gimana dong mau mengamati dan memetakan bakat anaknya? 

Di proyek 2 ini peserta mendapat 7 materi yang kece punya dan tentu saja ada tugasnya. Tugas materi terakhir adalah menyusun rencana proyek yang sesuai dengan bakat diri untuk menghasilkan suatu karya (program maupun produk).


Serunya nih, rencana tersebut harus ditindaklanjuti alias direalisasikan dan dilaporkan perkembangannya setiap hari! Jreng jreng jreng... Yummy banget deh proyeknya he he. Saya sempat deg deg ser, secara Tantangan 10 Hari Kelas Bunda Sayang saya baru berhasil sampai tahap laporan 10 hari non stop, belum yang 15 hari non stop hi hi. Tapi tetap semangaaaat!!! 



Science Projects with Rayyaan and Razqa

Jadi apa nih proyeknya Mama Rayyaan dan Razqa? Teman-teman sekelas di RBI 2 banyak juga yang proyeknya melibatkan lingkungan luar, masyaa Allah keren-keren deh. Tapi buat saya pribadi memang ini lebih concern ke keluarga dulu khususnya anak-anak. Pengen kembali merajinkan diri untuk ngajak anak-anak main sambil belajar. 

So saya putuskan untuk membuat proyek "Science Projects with Rayyaan and Razqa". Memanfaatkan bakat educator, journalist, synthesizer, designer, dan analyst. Insyaa Allah setiap hari akan saya tulis kegiatan main sains saya bersama anak-anak. Ada rencana juga sih sesekali mengajak main anak-anak lain misalnya teman-teman atau sepupunya anak-anak.


Selain itu saya berharap apa yang saya tulis di blog bisa bermanfaat. Jadi meski proyeknya masih skala rumahan he he, tapi ceritanya bisa dibaca banyak orang terutama ibu-ibu lain yang mencari ide kegiatan untuk putra-putrinya. Aamiin...

Edited ya >> karena akan dijadikan laporan hari pertama untuk proyek RBI 2 

Bismillahirrohmanirrohim, saya (dan pastinya dengan dukungan suami) ingin menggiatkan diri lagi untuk bermain dan belajar dengan anak-anak. Proyek pertama kami adalah Science Projects with Rayyaan and Razqa. Mengingat pada dasarnya anak-anak punya rasa ingin tahu yang sangat besar.

Sebagai orangtua kami ingin bisa mendampingi mereka menyelidiki dunia sekitar, mempelajari konsep sains sederhana, dan tentu saja bersenang-senang. Tak lupa lewat kegiatan ini kami ingin mengajak anak-anak lebih mengenal tanda-tanda kebesaran Allah.


Insyaa Allah akan ada sekitar 50 proyek sains sederhana yang akan kami lakukan. Setiap percobaan akan didokumentasikan sehingga memudahkan kami untuk mengingat kembali apa-apa saja yang kami kerjakan dan apa hasilnya.

Selain itu foto-foto kegiatan akan memudahkan kami saat memberikan penjelasan atau mengajak anak berdiskusi. Kegiatan ini juga menjadi salah satu aktivitas Ramadhan khususnya untuk Rayyaan yang akan belajar berpuasa.


Supaya lebih semangat, setiap melakukan satu percobaan, anak-anak akan mendapatkan badge 'Ilmuwan Cilik' (kami pakai printable logo proyek kami). Badge ini nantinya boleh ditukarkan dengan uang saku namun sepertiga hasilnya akan disedekahkan, sepertiga untuk ditabung, dan sepertiga boleh digunakan untuk membeli camilan kesukaan.

Dokumentasi kegiatan akan kami share di medsos IG @letsplayandlearn dan blog www.letsplayandlearn.net ini. Di akhir proyek insyaa Allah tulisan tentang kegiatan kami akan dibukukan untuk pribadi sebagai kenang-kenangan, portofolio, juga bahan pembelajaran kembali.



No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29