Tuesday, September 15, 2015

Knowing Islam: Say Bismillah and Alhamdulillah

Knowing Islam: Say Bismillah and Alhamdulillah

This post is written in Bahasa Indonesia and English.

Salah satu kategori yang saya masukkan dalam kegiatan #playandlearn untuk Rayyaan adalah pengenalan agama Islam. Dimulai dari hal-hal yang sederhana dulu, misalnya membaca 'Bismillahirrohmanirrohim' sebelum melakukan sesuatu, dan 'Alhamdulillahirrobil'alamin' setelah melakukan sesuatu.

One of the categories I choose as daily activities for Rayyaan is 'Knowing Islam'. Starting from simple activities such as saying 'Bismillahirrohmanirrohim' before doing something and 'Alhamdulillahirrobil'alamin' after finish.




Sebagai orang tua saya sadar diri, mungkin saya juga pernah lalai membaca kedua lafadz ini. Jadi kegiatan ini juga sebagai pengingat bagi diri sendiri. Untungnya sih di buku-bukunya Rayyaan banyak disertakan tulisan 'Bismillahirrohmanirrohim' di awal buku dan 'Alhamdulillahirrobil'alamin' di akhir buku. 

Jadi anak-anak (dan juga orang tua yang membacakan bukunya) seperti diingatkan untuk membaca kedua lafadz tersebut. Selain itu, di salah satu DVD edukatif milik Rayyaan juga ada bagian khusus tentang ucapan yang baik termasuk 'Bismillahirrohmanirrohim' dan 'Alhamdulillahirrobil'alamin'.

As parent, sometimes I might have forgotten to say these two phrases. So this activity is as a self reminder for me. Fortunately these two phrases are written in many of Rayyaan's books. It help me a lot to teach him to say 'Bismillahirrohmanirrohim' before reading and 'Alhamdulillahirrobil'alamin' after reading. Moreover on Rayyaan's educational DVD, there is also special section about good sayings including these two phrases.


Membaca 'Bismillahirrohmanirrohim' dan 'Alhamdulillahirrobil'alamin' ini saya masukkan jadwal kegiatan selama 7 hari berturut-turut. Jadi sebelum dan sesudah melakukan sesuatu, saya mengajak Rayyaan membaca kedua lafadz ini. Tapi bukan berarti setelah lewat 7 hari lantas tidak dibiasakan lagi. Selain itu sekaligus ingin mengenalkan artinya juga. 

Saying 'Bismillahirrohmanirrohim' dan 'Alhamdulillahirrobil'alamin' became the topic of 'Knowing Islam' category in the first week of #playandlearn. Besides, I wanted Rayyaan to know the meaning, too. So I asked him to say these two phrases together before and after doing an activity.

Baca: Menabung Huruf Hijaiyah Bertanda Baca.

Bacaan yang diucapkan ketika hendak memulai suatu pekerjaan.
Bismillahirrohmanirrohim.
Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.

Before we do something, say:
Bismillahirrohmanirrohim.
In the name of Allah, the Most Gracios, the Most Merciful.

Bacaan yang diucapkan ketika memperoleh nikmat Allah atau mengakhiri suatu pekerjaan.
Alhamdulillahirrobil'alamin.
Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

After we finish doing something, say:
Alhamdulillahirrobil'alamin.
Praise be to Allah, Lord of the the world.

Baca: Gross Motor Skill: Learn about Numbers with Flyswatter.


Yang membuat bahagia adalah, saat akan membaca buku Rayyaan jadi terbiasa membaca 'Bismillahirrohmanirrohim' bahkan meski di bukunya (buku-buku umum) tidak ada lafadz tersebut. Bahkan ia mulai sering mengingatkan saya dan Papanya untuk membaca 'Bismillahirrohmanirrohim' sebelum membaca buku! Alhamdulillahirrobil'alamin...

What makes me happy is, now when he wants to read a book he'll say 'Bismillahirrohmanirrohim' even if this phrase isn't written on the book. He even reminds me and his Papa to read 'Bismillahirrohmanirrohim', too! Alhamdulillahirrobil'alamin...




2 comments:

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29