Tuesday, September 15, 2015

Gross Motor Skill: Learn About Numbers with Flyswatter

Gross Motor Skill: Learn Numbers with Flyswatter

This post is written in Bahasa Indonesia and English.

Kegiatan ini adalah salah satu andalan saya kalau mau break the ice saat mengajar di kelas anak-anak, terutama pada term baru. Kadang ada tambahan murid baru di kelas. Kalau kelasnya kelas baru, anak-anaknya sebagian besar belum kenal satu sama lain. Jadi mereka masih malu-malu. Supaya kelasnya lebih 'panas' saya ajak mereka main pukul-pukulan dahulu.

This is one of my favorite activity when teaching children classes, especially in new term. Sometimes there were new students who were too shy. In new classes, students didn't know each other yet. So in order to break the ice I asked them to do this activity.


Lho kok diajak main pukul-pukulan? Eh lebih tepatnya sih main tepuk-tepukan ya, pakai penepuk lalat. Tapi yang ditepuk bukan sesama temanlah, melainkan flashcard. Jadi beri mereka penepuk lalat dan minta mereka menepuk flashcard yang saya sebutkan. Sebelumnya diingatkan agar jangan sampai sengaja mau menepuk temannya. Biasanya yang awalnya malu-malu jadi ikutan heboh deh lari kesana-kemari. 

I gave them flyswatters, one for each student. Then I asked them to hit the flashcards I put on wall, whiteboard, door, chair, desk, or window. Even shy students couldn't resist the urge to cheerfully running here and there trying to hit the correct flashcards.

Hit the correct number.

Nah, Rayyaan juga pernah diajak melakukan kegiatan ini. Misalnya kemarin saat saya melakukan penyegaran ingatan tentang angka dalam Bahasa Inggris. Flashcard yang saya pakai tidak banyak hanya angka 1 sampai 5. Itupun saya buat sendiri hanya dari kertas yang ditulisi spidol lalu ditempel ke dinding. Alhamdulillah Rayyaan masih ingat one, two, three, four and five. 

Now since I have my own kid, I asked him to do the same activity. I put 5 flashcards - well actually they were only papers with numbers - on the wall and I gave him a flyswatter. I mentioned the number in English (1 until 5) and asked him to hit the correct number. Glad to know that he still remember numbers in English.

Baca: Motorik Kasar - Sweep the Floor.

Saya akhirnya menyebutkan angka-angkanya secara acak. Rayyaan bisa nggak ya? Yay! Ternyata bisa. Jadi alhamdulillah dia bisa menepuk flashcard meski saya menyebutkan angkanya tidak berurutan, misalnya one, five, three, four, dan two. 

I tried to randomly mention the numbers. Could he do this? Yay! He did it! I mentioned the numbers not in sequence, for example: one, five, three, four, and two and he hit the correct numbers. 

Baca: Kumpulan Kegiatan untuk Motorik Kasar.

Bukan hanya flashcard angka saja lho yang bisa digunakan dalam kegiatan ini. Kita bisa menggunakan flashcard alfabet, warna, binatang, dsb. Selain belajar kosakata baru, kegiatan ini juga melatih motorik kasar anak. Mau yang lebih seru? Jangan tempelkan flashcardnya secara berjejer. Tempelkan secara acak di dinding, jendela, meja. Seru sekali saat anak mencari-cari di mana flashcard yang dimaksud lalu ploooook setelah ketemu, flashcardnya ditepuk.  

We can use other flashcards instead of number flashcards, for example: alphabets, colors, animals, food, etc. This activity is not only useful to introduce new vocabulary to children but also to enhance their gross motor skill. 



No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29