Friday, December 18, 2015

Science Project: Sistem Tata Surya

Science Project: Sistem Tata Surya

Karena pernah beberapa kali menonton Upin Ipin dengan cerita bertemakan astronot dan sistem tata surya, Rayyaan jadi lebih tertarik saat melihat gambar berbagai benda langit di bukunya. Sayapun jadi ingin membuat maket sistem tata surya untuk Rayyaan, tapi... pakai bahan apa ya?



Sebelumnya saya pernah menonton video kakak beradik yang membuat maket sistem tata surya dari balon yang diisi beras. Setelah terisi beras lalu balon tersebut dilapisi dengan balon dengan warna lain yang sudah diiris sedemikian rupa. Lihat saja deh videonya di sini, he he. Selain membutuhkan beras dalam jumlah yang cukup banyak, yang harus dipertimbangkan adalah bagaimana mencari balon dengan warna yang sesuai. Akhirnya terlintas dalam pikiran bagaimana kalau sistem tata suryanya dibuat dari play dough saja. Bisa nggak ya?


Malam harinya saya membuat play dough tanpa diberi warna. Resep play doughnya bisa dibaca di postingan DIY: Non-Greasy Homemade Play Dough Recipe (tanpa ditambahkan glitter). Kemudian saya buat bulatan-bulatan dengan ukuran yang berbeda-beda dan saya cat dengan pewarna makanan sesuai warna planet yang saya lihat di bukunya Rayyaan (yah mirip-miriplah he he). Keesokan harinya, planet-planet tersebut saya jemur dulu selama beberapa jam sampai cat dan play doughnya kering.

Kemudian saya siapkan sebuah kardus bekas laptop dan saya lapisi kertas hitam. Kertas hitam itu saya gambari lintasan planet dengan spidol perak. Saya siapkan juga label nama planet-planetnya. Selain itu, saya ambil sebuah bola plastik berwarna kuning (harusnya oranye lebih pas ya, tapi saya tidak punya he he) untuk dijadikan Matahari.

Baca: Science Project: Membuat Megaphone.


Lalu tiba saatnya 'merangkai' maket sistem tata suryanya. Masing-masing planet saya beri lem dan saya ajak Rayyaan untuk menempelkan planetnya secara berurutan mulai dari Merkurius sampai Neptunus. Tak lupa Matahari dan label nama planetnya juga ditempelkan. Nah, jadi deh maket sistem tata surya kami.

Baca: Fine Motor Skill: Water Relay, Pindahkan Airnya.


Tapi astronotnya mana ya? Dari kardus bekas dan helm yang rusak plus kertas perak, saya buat baju serta helm astronot ala kadarnya untuk Rayyaan he he. Dan pagi harinya Rayyaan juga sudah saya ajak membuat gambar roket dari kertas lipat. Astronot dan roketnya sudah siap menjelajah tata surya. 

7 comments:

  1. Aaak, aku dulu suka bikin ini pas masih SD. Gara2 pelajaran sistem tata surya, I obsessed become a spaceman mak ahhahaha

    ReplyDelete
  2. Mak Heni kreatip banget. Ini anakku mah pasti suka juga deh. Coba ah

    ReplyDelete
  3. tq untuk ide nya.....izin copy ya....GBU

    ReplyDelete
  4. Waaa kreatiff bangeeet mbaaak ๐Ÿ˜๐Ÿ˜ kakak rayhan pasti jd seneng belajarnyaa dan jd ingeet terus sama sistem tata suryaa. Hehehe๐Ÿ˜

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29