Sunday, January 31, 2016

Fine Motor Skill: Bermain dengan Pipet Tetes

Fine Motor Skill: Bermain dengan Pipet Tetes.

Masih seputar kegiatan untuk melatih motorik halus anak. Punya pipet tetes bekas obat nggak? Kalau obatnya sudah habis pipetnya jangan dibuang ya. Cuci dulu bersih bersih lalu bisa dipakai deh buat kegiatan ini. 


Sebenarnya kita bisa saja membeli pipet tetes obat yang masih baru. Saat Rayyaan masih di Manado, ada beberapa apotek yang menjual pipet tetes ini seharga kurang lebih Rp 2.000/buah. Tapi di apotek dengan 'merk' yang sama di Bandar Lampung eh malah tidak ada. Alasannya karena takut disalahgunakan jadi tidak dijual bebas. Wah memangnya disalahgunakan untuk apa ya? He he.



Lalu pipet tetes ini mau diapakan dong? Pertama siapkan beberapa wadah kecil ya. Siapkan juga cetakan es batu, air, dan pewarna makanan. Campur air dan pewarna makanan dalam wadah-wadah kecil, lalu ambil airnya dengan pipet tetes dan teteskan ke dalam cetakan es krim. Ternyata gampang-gampang susah bagi anak seusia Rayyaan untuk memahami prinsip menggunakan pipet tetes he he. Tapi setelah terbiasa Rayyaan ternyata jadi asyik mencampur-campur warnanya.

Baca: Fine Motor Skill: Rubber Bands Activity.



Gerakan memencet dan melepaskan karet pipet tetesnya bisa jadi latihan mengasah motorik halusnya Rayyaan. Rayyaan juga jadi belajar lebih sabar memahami cara menggunakan pipet tetes dan sabar mengisi cetakan es sedikit demi sedikit. Selain itu Rayyaan juga belajar mencampur warna karena warna yang digunakan adalah warna-warna dasar. Selesai main pipet tetesnya dicuci dan disimpan ya supaya bisa dipergunakan lagi.

Baca: Science Project: Telepon Gelas Plastik.



2 comments:

  1. Baru tahu kalo pipet bisa juga dijadikan mainan. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat anak pra sekolah ternyata sesuatu banget Mak untuk memahami prinsip menggunakan pipet he he.

      Delete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29