Thursday, March 10, 2016

Belajar Manfaat Sayur Ditemani Poki, Spibam, Tomi, Roko, dan Kartini

Insyaa Allah di blog ini juga akan ada postingan tentang buku-bukunya Rayyaan. Nyicil mulai dari hari ini ya he he. Sebenarnya nggak hanya satu tapi ada lima buku sekaligus yang ingin saya ceritakan di postingan ini. Buku-buku karya Ekawati M. Dukut, dkk ini saya beli sebagai hadiah ulang tahun Rayyaan yang kedua pada tahun 2014. Sudah lumayan lama ya. Judul dari buku-bukunya adalah:


1. Poki si Sawi Koki.
2. Spibam si Super Bayam.
3. Tomi si Tomat Aktor.
4. Roko si Brokoli Roker.
5. Kartini si Wortel Penari.



Dari judulnya sudah bisa ditebak ya kalau tema ceritanya adalah sayur-sayuran. Saya memang membeli buku ini supaya Rayyaan mau makan sayur lagi he he. Buku ini memang unik dan merupakan hasil kolaborasi orang-orang di bidang Teknologi Pangan, Sastra Inggris, dan Desain Komunikasi Visual. No wonder hasilnya adalah lima buku bilingual yang bercerita tentang manfaat sayur dilengkapi gambar-gambar yang menarik. Tujuannya tentu saja supaya anak-anak suka makan sayur. Meski Rayyaan masih ogah-ogahan makan sayur (kecuali dicampur ke dalam nugget, kue, dsb) hi hi, yang penting lewat buku ini saya jadi bisa mengenalkan sayur dan manfaatkan pada Rayyaan.

Baca: 5 Koleksi Buku Ide Kegiatan Anak.




Sayur-mayur dalam buku ini digambarkan dengan menarik seperti tokoh kartun bernama Poki, Spibam, Tomi, Roko, dan Kartini. Ada banyak hal yang bisa dieksplorasi dalam buku ini. Misalnya warna dan bentuk tokoh sayurnya, warna pakaiannya, sampai aktivitas yang dilakukan para sayur. Contohnya saja ada sayur yang yang menjadi roker dan ada juga yang menjadi aktor. Meski buku ini dibeli hampir dua tahun lalu tapi buku ini masih saya bacakan untuk Rayyaan. Dari buku ini juga Rayyaan mulai belajar warna-warna dalam bahasa Inggris karena sayurannya berwarna-warni. Kadang-kadang ia mau mengulangi kata-kata yang saya bacakan baik dalam bahasa Indonesia maupun Inggris. Selain itu di buku ini juga ada resep berbahan sayur yang bisa dicoba. Suatu hari nanti bisa juga nih ajak Rayyaan mencoba resep-resepnya.

Baca: Membuat Cap Bintang.




Penulis: 
Ekawati M. Dukut.
Novita I. Putri & Probo Y. Nugrahedi.
Maya P. Utami & Adi Nugroho.

Penerbit:
PT. Gramedia Pustaka Utama.


6 comments:

  1. Waaah buku-bukunya bermanfaat sekali, bukan hanya mengajarkan membaca saja, tapi mengajak anak untuk berkenalan dengan pelengkap makanan mereka ya

    ReplyDelete
  2. WAh, sambil belajar mengenal sayuran juga sambil mengajari pentingnya sayur mayur juga dong ya Mak :)

    ReplyDelete
  3. bukunya menarik sekali... anak-anak pasti betah bacanya...

    ReplyDelete
  4. bukunya unyu2 pasti anak2 suka ya mbak

    ReplyDelete
  5. Jadi pengen nyari bukunya :D
    Tengkyu info bukunya mbak :D

    ReplyDelete
  6. Lucu lucu yaa.. Di gramedia ada ya mbak?

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29