Wednesday, September 7, 2016

Membuat Percobaan Sains Asyik dengan Seri Ilmuwan Cilik

Membuat Percobaan Sains Asyik dengan Seri Ilmuwan Cilik

Masih mau membahas soal buku ah. Tau dong kala saya pernah beberapa kali mengajak Rayyaan melakukan percobaan sains sederhana di rumah (ih GR banget sih ha ha). Selain dari internet, ide tentang percobaan tersebut juga saya dapatkan dari buku. Ada beberapa buku bertemakan percobaan sains untuk anak yang saya miliki. Di sebagian buku ada yang percobaannya lebih cocok untuk anak yang sudah agak besar, misalnya usia SD. Karena percobaannya ada yang membutuhkan alat pemanas, jadi saya skip dulu deh. Tapi ada juga yang cocok untuk anak seumuran Rayyaan (3 tahun 11 bulan) dan Rayyaan mulai saya ajak melakukan percobaan-percobaan sederhana sejak usia 2 tahunan.



Buku tentang percobaan sains untuk anak yang sukses merontokkan pertahanan saya di toko buku adalah seri buku Ilmuwan Cilik dari Lisa Burke. Saat itu saya membelinya di toko buku Fajar Agung, Bandar Lampung. Saat itu ada tiga judul buku. Saya belum pernah browsing nih seri Ilmuwan Cilik ini terdiri dari beberapa buku he he. Buku-buku yang saya punya adalah:

1. Ilmuwan Cilik - Tubuhku.
2. Ilmuwan Cilik - Di Taman.
3. Ilmuwan Cilik - Di Dapur.


Sebagian percobaannya ada yang sudah saya lakukan bersama Rayyaan dan ada juga yang belum. Tapi percobaan-percobaan di buku ini mudah dilakukan terutama karena bahan-bahan yang diperlukan bisa dibilang sederhana dan bisa ditemukan dengan mudah di rumah. Misalnya nih percobaan tentang telur dan larutan garam. Semua bahannya ada di dapur kaaaan? He he.

Baca: Belajar Manfaat Sayur Ditemani Poki, Spibam, Tomi, Roko, dan Kartini.

Kelebihan buku ini adalah kertasnya tebal jadi tidak mudah sobek. Foto-foto di dalam buku ini juga terang dan jelas. Jadi Rayyaan juga suka mengambil buku ini dari rak, membuka-buka halamannya, dan melihat-lihat gambarnya. "Mah, nanti kita buat lagi yang ini ya!" Instruksinya mudah dipahami dan di setiap percobaan ada penjelasan ilmiah sederhana. Di setiap buku ada 11 sampai 16 percobaan sains atau percobaan ilmiah sederhana yang cocok untuk anak. Di halaman belakang juga ada glosarium berupa arti bahasa sains/ilmiah yang digunakan dan ada daftar alat dan bahan yang diperlukan.



Ngomong-ngomong Tante Lisa Burke ini siapa ya? Lisa Burke merupakan lulusan Cambridge University dengan gelar master di bidang ilmu pengetahuan alam dan ahli meteorologi terkenal dalam acara TV di Inggris. Ia pernah menjadi juri dalam Aventis General Prize for Science Books, ajang penghargaan tahunan untuk buku-buku sains terbaik.

Baca: Berpetualang Bersama My Animals Adventure dan My Adventure Stories.



Ada kata-kata yang saya suka nih dari Lisa Burke dalam pengantar di buku-bukunya. Bahwa anak-anak terlahir sebagai ilmuwan dan secara naluriah punya rasa ingin tahu yang besar. Sebagai orang tua kita tidak perlu merasa terbebani dengan pertanyaan-pertanyaan mereka dan keinginan mereka untuk bereksplorasi. Lisa ingin mengajak orang tua untuk menyediakan waktu bermain dan  bereksplorasi bersama anak lewat berbagai aktivitas sederhana baik di rumah ataupun di alam bebas karena mempelajari ilmu pengetahuan bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan. 

Judul: Ilmuwan Cilik (Mini Scientist).
Penulis: Lisa Burke.
Alih Bahasa: Yunita Chandra Sari.
Penerbit: Tiga Ananda (Ceative Imprint of Tiga Serangkai).
Tahun: 2014.

2 comments:

  1. Kereeeen... Pantesan Rayyan pinter dan kritis. Mamanya rajin ngajak main ^_^ Dulu juga sering dipost main bareng Syahid. Tapi sekarang udah nggak pernah. Jadi pingin posting lagi... Main ya, Rayyan, di bundasyahid.blogspot.com :)

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29