Monday, November 7, 2016

Manfaat Bermain Rumah-Rumahan

Manfaat Bermain Rumah-Rumahan

Mama Papa pas kecil dulu pasti pernah main rumah-rumahan kan? Rayyaan juga suka lho. Rayyaan pernah main rumah-rumahan pakai kain jarik, pakai selimut, pakai kardus bekas juga pernah. Sekarang sih lebih sering pakai tenda mainan. Ada juga nih yang telaten membuatkan tenda mainan dari kayu/pipa dan kain. Tendanya macam tenda Indian itu lho. Maun pakai kain jarik, selimut, kardus, tenda mainan, atau tenda buatan sendiri, main rumah-rumahan selalu jadi kegiatan seru untuk anak.


Apa ya manfaat bermain rumah-rumahan bagi anak? Bisa jadi cara yang menyenangkan untuk mengajarkan anak mengucap salam saat bertamu serta membaca doa keluar dan masuk rumah. Anak bisa berpura-pura menyajikan makanan dan minuman untuk tamu, bisa membaca buku di dalam 'rumah'nya atau memainkan permainan lain. Tidur siang di dalam 'rumah' juga asyik. Tidak hanya di dalam rumah, permainan ini juga bisa dilakukan di teras atau di halaman rumah. Bisa juga dilakukan pada malam hari, berpura-pura sedang kemah. Rumah-rumahan ini juga bisa dimanfaatkan untuk tempat permainan jual beli atau main sekolah-sekolahan.


Banyak deh ya variasi kegiatan yang bisa dilakukan dengan bermain rumah-rumahan. Lebih asyik lagi kalau sedang ada tamu yang membawa anak sebaya ke rumah, misalnya teman atau sepupu. Bermain rumah-rumahan jadi lebih seru deh. Saat ada arisan di rumah, Rayyaan dan keponakan Omanya berkerja sama membawa dan berusaha memasang tenda mainan lalu bermain bersama.




Biasanya untuk masuk ke 'rumah' kan anak harus merangkak ya. Nah untuk anak terutama yang bayi nih merangkak sangat baik bagi perkembangan motorik kasar dan halusnya. Bisa meningkatkan koordinasi tangan dan mata, melatih kedua belahan otak, serta mengembangkan sambungan jaringan syaraf.

Manfaat:

1. Menstimulasi kemampuan berbahasa.
2. Mengasah imajinasi dan kreativitas.
3. Menstimulasi kemampuan bermain peran.
4. Belajar mengucap salam/membaca doa keluar masuk rumah.
5. Belajar bekerja sama saat membangun rumah/tenda.
6. Mengasah motorik kasar dan halus.

1 comment:

  1. Anak kecil paling semangat ikut main rumah-rumahan ya Mbak.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29