Tuesday, February 16, 2016

Masukkan Boombiq Sesuai Angka

Masukkan Boombiq Sesuai Angka.

Om, Tante ada yang pernah ngalami koleksi tazoskah? Itu lho mainan berbentuk kepingan bulat bergerigi hadiah dari makanan ringan kemasan. Di tiap keping tazos ada gambar tokoh kartun. Kalan jaman dulu si mostly gambar Bugs Bunny, Tweety dan kawan-kawan. Selain bisa disusun-susun tazos ini biasanya dimainkan seperti main gambaran (kami nyebutnya main wayang). Jadi beberapa anak melemparkan sekeping tazos ke atas dan yang tazosnya terbalik (bukan gambar kartun yang di atas) tereliminasi he he. Begitu terus sampai ada pemenang yang tazosnya selalu nongol gambar kartunnya.


Tazos yang dulu suka dimainkan Mama.
Credit pic: Pinterest.

Sekarang ntah masih ada nggak ya tazos dalam kemasan makanan ringan itu. Siapa tau malah ada yang khusus menjual tazos macam menjual mainan biasa. Jadi nggak perlu beli jajanan dulu gitu lho. Tapi ternyata ada mainan yang mirip tazos, namanya boombiq. Boombiq lebih tebal dan warnanya polos saja. Seperti tazos, boombiq juga ada geriginya dan bisa disambung-sambung. Biasanya Rayyaan menyusun boombiqnya masih memanjang saja seperti kereta api. Sepertinya perlu dibuatkan pola lagi seperti untuk menyusun lego-legoan.


Tapi boombiq ini juga bisa digunakan untuk belajar berhitung dengan cara yang menyenangkan. Yang diperlukan adalah boombiq (yang banyak ya, biasannya dijual plastikan kan isinya banyak tuh), 10 lembar amplopkepingan puzzle 1-10, dan tack-it (lem yang teksturnya mirip permen karet dan bisa dipakai berulang kali).

Baca: Tempel-Tempel Sesuai Angka.


Cara bermainnya adalah, tempelkan amplop di dinding dengan bantuan tack-it, lalu tempelkan kepingan puzzle 1-10 (masih dengan tack-it). Kalau tidak ada kepingan puzzle, tulisi saja amplopnya dengan pensil. Lalu minta anak memasukkan kepingan boombiq ke dalam amplop sesuai angka yang tertera di amplop. Kalau di amplop yang tertempel adalah angka 1 ya masukkan 1 keping, kalau yang tertempel adalah angka 2 ya masukkan 2 keping, begitu seterusnya. 

Baca: Menyusun Lego Sesuai Pola.


Sebelum memasukkan kepingan boombiq ke dalam amplop otomatis anak harus menghitung kepingannya dulu kan. Jadi sama saja belajar berhitung deh tapi pakai media boombiq. Untuk anak yang lebih besar bisa diberikan permainan yang lebih menantang. Misalnya di amplop di tulis 1+3, 2+3, 4+5, jadi anak belajar menjumlahkan sambil bermain boombiq. Oh iya jangan lupa sebaiknya menulisi amplopnya dengan pensil saja ya supaya amplop bisa dipakai berulang kali. 

1 comment:

  1. Kalo dulu kecil saya juga koleksi tazos. Sekarang udah pada ilang hehe.
    Idenya bagus juga.. saya punya tack-it sampe kebuang sisanya ga tau buat apa lagi soalnya. Tapi boombiqnya diganti koin karton aja ah

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29