Tuesday, January 10, 2017

Percobaan Sains - Pipet Tetes dan Gelembung Gas

Percobaan Sains - Pipet Tetes dan Gelembung Gas

Sudah lama ya Rayyaan tidak bermain dengan pipet tetes. Kelihatannya sederhana ya tapi buat anak bisa a bit tricky memahami cara menggunakan pipet tetes. Awalnya Rayyaan juga sempat lupa tapi untungnya tidak butuh waktu lama untuk mengingat cara menggunakannya. Lalu apa ya yang harus diteteskan oleh Rayyaan?


Sebelumnya saya sudah menyiapkan sebuah loyang yang saya tetesi beberapa jenis pewarna makanan. Pewarna makanan itu lalu saya tutupi dengan satu sendok teh baking soda. Kemudian Rayyaan meneteskan cuka makan dengan pipet tetes. Saat cuka mengenai baking soda, terbentuklah gelembung-gelembung gas dan karena ada pewarna makanan, gelembung gasnya juga jadi berwarna deh.




Makin banyak cuka yang diteteskan ke baking soda, makin banyak pula gelembung gas yang timbul. Jadi selain suka meneteskan cukanya Rayyaan juga suka melihat banyak sekali gelembung gasnya. Selain untuk melatih motorik halusnya kegiatan ini juga merupakan percobaan sains sederhana di mana baking soda jika dicampur cuka akan menghasilkan gelembung-gelembung gas CO2.  

1 comment:

  1. Pengen ngajakin anakku bikin ginian juga. Lumayan buat nambah ilmu. :D

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29