Monday, February 20, 2017

Gerak Rattle

Gerak Rattle

Yuhuuuu! Seneng deh, karena Rayyaan sudah punya adik jadi di blog ini akan ada juga cerita tentang permainan untuk baby Razqa. So pasti mainnya bukan main sepeda atau playdough ya. Masih keciiiiil he he. Bermain juga penting untuk adik bayi. Bahkan bermain dengan anak sebaiknya dilakukan sejak dini. Selain untuk menstimulasi kecerdasannya juga supaya hubungan orangtua dan anak jadi lebih erat. Baby Razqa mau main apa ya?


Razqa mau main rattle, mainan sejuta adek bayi ha ha. Bayi mana sih yang nggak pernah dibelikan rattle oleh orangtuanya? Rattle ini bentuk dan bahannya bermacam-macam. Ada yang berupa boneka dan ada juga yang terbuat dari plastik. Bahkan sekarang juga ada kaus kaki yang ada boneka rattle berukuran kecilnya. Ini nih beberapa cara memainkan rattle yang bisa kita lakukan bersama si bayi:

1. Angkat rattle di depan wajah si baby, goyangkan perlahan.
2. Saat bayi memperhatikan rattle, gerakkan tangan ke sisi berlawanan secara perlahan agar mata bayi mengikuti gerak rattle.
3. Goyangkan rattle menjauh dari bayi supaya ia berusaha mencarinya.
4. Berikan rattle pada bayi supaya ia menggenggamnya.


Bayi yang baru lahir mungkin belum bisa mengikuti gerakan rattle dengan matanya. Newborn baby memang belum bisa melihat dengan jelas. Pandangan matanya masih kabur dan jarak pandangnya baru sekitar 20-30 cm saja. Tapi seiring waktu matanya akan mulai mengikuti rattle yang kita gerak-gerakkan. Razqa mulai bisa melakukan hal ini kira-kira saat berusia 1 bulan. 

Seiring bertambahnya usia bayi juga biasanya mulai memperhatikan bunyi kricik-kricik dari si rattle. Oh iya, meski Razqa belum bisa menggenggam rattlenya, jari-jarinya tetap saya sentuhkan ke mainan rattlenya baik yang berbentuk boneka maupun yang terbuat dari plastik.


Saat kontrol ke dokter Razqa diberi sebuah rattle plastik oleh dokternya. Di permukaan rattlenya ada tonjolan-tonjolannya. Jadi bermain rattle juga bisa untuk melatih kepekaan jari-jarinya saat menyentuh boneka yang lembut atau rattle plastik yang teksturnya keras bergelombang. Wah teryata sebuah mainan yang kelihatannya sederhana tapi banyak manfaatnya bagi perkembangan bayi.

Manfaat:

1. Melatih penglihatan dan pendengaran.
2. Mengasah kemampuan menghubungkan bunyi dan sumbernya.
3. Mengasah kepekaan jari.

Sumber: 

Buku 100 Permainan yang Mencerdaskan Bayi dan Balita.



2 comments:

  1. Permainan yang sangat bermanfaat, ya? Jadi nggak sekadar main gitu. ^_^

    ReplyDelete
  2. Aku baru tahu ini namanya gerak rattle. ^_^

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29