Thursday, November 30, 2017

Tantangan 10 Hari Melatih Kemandirian: Hari Ke 1 #GameLevel2 #KuliahBundaSayang

Gambar: www.pixabay.com

Alhamdulillah, materi dan tantangan Kuliah Bunda Sayang sudah masuk ke bagian ke dua yaitu MELATIH KEMANDIRIAN ANAK. Ringkasan materinya insyaa Allah akan saya tulis di blog. Eh lebih tepatnya sih menulis ulang dengan cara saya sendiri ya, supaya materinya lebih melekat.


Seperti biasa ada TANTANGAN 10 HARI. Jadi peserta yang sudah punya anak harus memilih 1 anak untuk dilatih kemandiriannya lewat program ONE WEEK ONE SKILL selama sebulan. Jadi totalnya 4 skill ya. Hanya saja yang wajib disetor hanya selama 10 hari. 

Usia Kakak sekarang 5 tahun dan ini beberapa hal yang bisa dilakukan si Kakak, meski ada perlu lebih konsisten dilatih dan diupgrade:

1. Makan sendiri.
2. Mandi sendiri.
3. Pakai baju sendiri.
4. Pakai sepatu dan kaus kaki sendiri. 
5. Membereskan mainan.
6. Memasukkan baju kotor ke keranjang baju.
7. Membawa piring bekas makan ke dapur.
8. Membantu Mama membereskan tempat tidur.




Skill Rayyaan yang ingin saya dan papanya latih adalah MENYIAPKAN BEKAL SENDIRI. 

Bekal Rayyaan nggak ribet. Karena pagi sudah sarapan, dan sepulang sekolah makan siang, jadi bekalnya ya hanya snack/camilan. Nggak bosen-bosennya si Kakak sama roti tawar + meises. Sehari-hari ia sudah bisa membuat roti tawar tabur meises sendiri. Tapi kali ini kami ingin melatih Kakak membuat roti meises untuk bekal sekolah. 

Hari Pertama:

1. Mama siapkan bahan dan perlengkapannya di meja, bungkus roti tawar sudah dalam posisi dibuka supaya Rayyaan mudah mengambilnya.
2. Rayyaan mengambil roti tawar, memberi taburan meises, lalu roti tawarnya dilipat dan dimasukkan ke kotak bekal. Kotaknya lalu ditutup.
3. Kemudian Rayyaan mengisi botol air minum dengan air.
4. Terakhir, botol air dan kotak bekal dimasukkan ke tas.







Dalam melatih kemandirian anak biasanya yang jadi tantangan adalah kalau anak sedang merajuk atau kakek/nenek ingin ikut membantu dengan alasan supaya apa-apa lebih cepat selesai he he. 

Memang harus lebih dari satu kali disounding kalau lebih baik 'repot' melatih anak daripada nantinya anak terlalu ketergantungan/malas/kehilangan antusiasme untuk mencoba sendiri. 

Supaya lebih semangat, setiap selesai mengerjakan sesuatu, Rayyaan akan dapat stempel seperti di foto itu. Biasanya sih saya print, tapi kemarin tidak sempat, jadi dibuat seadanya. Nggak lupa tuliskan tanggal dan kegiatan apa yang dilakukan anak. Selain jadi penyenangat anak juga sebagai pengingat orangtua untuk menghargai proses belajar anak.

#HariPertama #Hari1 #Tantangan10Hari #Level2 #KuliahBunSayIIP #MelatihKemandirian 


No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29