Sunday, September 23, 2018

3 Inspirasi MPASI Pertama yang Pembuatannya Sangat Simpel


Bila membaca artikel kesehatan di situs GueSehat maka Anda bisa mendapatkan panduan kesehatan yang mudah untuk dipraktekkan. Menjaga kesehatan menjadi penting untuk dilakukan guna menjadikan tubuh selalu bugar dan bebas dari penyakit mematikan. 


Rupanya untuk menjaga kesehatan ini tidak hanya baik dilakukan oleh orang dewasa melainkan juga pada anak-anak bahkan bayi. Bagi ibu yang memiliki kesibukan merawat bayi yang sudah berusia enam bulan tentu mulai menyiapkan segala keperluan MPASI. 


Pada usia tersebut bayi perlu diperkenalkan pada makanan semi padat selain ASI untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan juga sudah sesuai dengan perkembangan pencernaannya. Namun pilih dulu menu MPASI pertama yang mudah dan berikut beberapa pilihannya: 

Memberi Buah Lunak Secara Langsung


Buah menjadi sumber vitamin, mineral, dan bahkan air secara alami yang umumnya disukai oleh bayi dan anak-anak. Beberapa jenis buah terbilang lunak dan bisa diberikan langsung kepada bayi misalnya buah pisang dan alpukat. Anda bisa mengerok buah alpukat memakai sendok dan disuapkan ke mulut si kecil.

Mengolah Dulu Beberapa Jenis Buah dan Sayuran


Khusus untuk sayuran baiknya pembuatan MPASI dimulai dengan mengolahnya terlebih dahulu. misalnya untuk wortel bisa dibuat jus, atau direbus kemudian dilumatkan memakai sendok ataupun di blender.


Buah yang teksturnya keras seperti apel, pir, dan sebagainya juga idealnya direbus atau dikukus dulu karena bayi di usia enam bulan belum memiliki gigi. Jadi usahakan memberi MPASI yang lunak dan pilihan simpelnya adalah buah dan sayuran yang sudah dikukus ataupun direbus. 

Membuat Bubur dengan Kaldu dan Protein Hewani


Untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat dan gula di tubuh bayi Anda maka perkenalkan makanan tinggi karbohidrat yang dibuat bubur. Anda bisa memilih beras merah yang tinggi serat atau memilih oatmeal yang mudah diolah namun seratnya lebih tinggi dibanding beras biasa.

Supaya terkandung protein hewani saat diolah menjadi bubur cobalah memasukan kaldu serta daging cincang. Setelah memulai menu MPASI pertama yang berupa menu tunggal dari berbagai bahan untuk mengecek reaksi alergi, buatlah menu MPASI 4 bintang berupa kombinasi karbohidrat, buah/sayur, protein hewani, protein nabati serta tambahan lemak.

No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29