Friday, October 12, 2018

Tips Merawat Luka Pada Lutut

Luka di kaki terutama di lutut akibat jatuh tersandung merupakan luka yang paling lama sembuh. Kenapa? Karena lutut merupakan yang paling banyak bergerak, sehingga jika ada luka di lutut maka kaki sulit untuk bergerak atau berjalan. Dan yang paling parah lagi luka di lutut dapat menyebabkan nyeri, pembengkakan dan lain sebagainya.

Salah satu cara untuk mengatasi hal itu adalah dengan menggunakan plester pelindung kaki dari Hansaplast yang terbukti berkualitas. Adapun beberapa hal yang bisa anda lakukan ketika terluka di bagian lutut, diantaranya:

Bersihkan luka


Hal pertama yang harus kita lakukan terhadap luka di lutut tersebut adalah membersihkannya. Namun sebelumnya kita harus mencuci tangan terlebih dahulu dengan menggunakan sabun. Kemudian bilas dan bersihkan luka dengan menggunakan air biasa hingga kotoran dan serpihan yang terdapat pada luka bersih. Setelah luka dirasa bersih, lalu tutup luka dengan menggunakan kain bersih atau kasa steril.


Hentikan pendarahan


Kemudian yang harus dilakukan adalah menghentikan pendarahan dengan menggunakan kapas bersih atau kasa steril dengan cara menempelkannya hingga darah menyerap ke dalam kapas tersebut. Namun jika menderita suatu penyakit yang membuat darah sulit untuk berhenti, maka hal ini perlu ke dokter atau rumah sakit untuk ditangani lebih lanjut. Setelah dirasa darah mulai berhenti, gunakan plester atau perban untuk menutupi luka agar tetap steril.

Minum obat pereda nyeri


Jika memang luka tersebut terbilang parah. Kita.bisa mengkonsumsi obat pereda nyeri untuk menghilangkan rasa sakit dan nyeri pada tubuh, bisa langsung beli di apotik atau melalui resep dokter.


Oleskan salep antibiotik


Jika perlu kita juga bisa mengoleskan salep antibiotik pada luka agar bisa sembuh lebih cepat. Selain itu salep tersebut juga dapat mencegah infeksi bakteri dan membantu proses penyembuhan alami pada luka.

Itulah beberapa tips merawat luka pada lutut. Gunakanlah foot plaster dari Hansaplast yang dapat membantu menyembuhkan luka dengan cepat.

No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29