Thursday, January 28, 2016

Proyek Sains: Si Adonan Unik

Proyek Sains: Si Adonan Unik

Kali ini Rayyaan mau membuat proyek sains dari bahan-bahan yang ada di dapur ah. Mau ikut membuat proyeknya juga? Tapi harus siap kalau tangannya jadi belepotan dan siap membereskan sisa proyek sainsnya lho he he.


Rayyaan mau membuat adonan yang unik. Bahan-bahannya yaitu tepung sagu, air, dan pewarna makanan. Siapkan juga wadah plastik dan sendok. Oh iya jangan lupa siapkan kertas koran bekas untuk alas ya. 

Pertama isi wadah dengan 1 cangkir kecil sagu lalu tambahkan 1/2 cangkir air dengan sangat perlahan. Beri beberapa tetes pewarna makanan dan aduk dengan sendok, mau pakai tangan juga bisa. 



Nah sekarang coba ambil 1 sdm adonan tersebut, gulingkan di tangan hingga bentuknya menyerupai bola. Lalu diamkan 'bola' tersebut di telapak tangan kita. Apa yang terjadi? 

Adonan ini ternyata kadang berbentuk padat kadang berbentuk cair. Saat ditekan atau diremas dengan kuat (misalnya saat dibentuk menyerupai bola) adonan ini bersifat seperti bahan padat.

Saat diperlakukan dengan lembut (misalnya didiamkan saja di telapak tangan) adonannya akan mengalir lewat sela-sela jari kita, mirip seperti bahan cair ya.




Bisa dibentuk menyerupai bola (maaf ya kalau kurang jelas, susah foto-foto sambil nguleni he he).
Kalau dibiarkan saja malah bisa mengalir lewat sela-sela jari.

Kenapa ya kok bisa begitu? Ternyata karena sagu tidak larut sepenuhnya dalam air. Sagu membentuk suspensi yang terdiri atas bagian-bagian kecil padat yang berserak di sekeliling air. Suspensi ini disebut sebagai koloid. Saat adonan didorong dan ditekan dengan kuat, air terperas keluar saat prosesnya. Ini yang mebuat adonannya bersifat seperti bahan padat. Namun jika diperlakukan dengan lembut, adonan bergerak seperti cairan. Eh apa ini ya penyebabnya pempek jadi keras kalau adonannya diuleni terlalu lama atau terlalu kuat? He he. Supaya lebih jelas perbedaannya, tonton videonya juga yuk.










Bacaan:

Buku Ilmuwan Cilik, Dapur - Lisa Burke.


6 comments:

  1. ini mirip oeblek yg ngehits di pinterest itu bukan ya mak?
    TFS yaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah belum tau oeblek yang kayak apa Mak he he

      Delete
  2. Horeew... Kami sering prakteknya Mak. Gara2 Fahmi memang suka nimbrung emaknya di dapur. Gak hanya tepung sagu, tapi juga terigu dan garam. Seru emang 😊

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29