Wednesday, January 27, 2016

Finger Painting dengan Paint Cakes

Finger Painting dengan Paint Cakes

Pernah melihat paint cakes? Paint cakes bisa dibilang cat air padat. Saat menggunakan cat air biasa kan kita harus mencampur cat airnya dengan sedikit air dan harus menggunakan palet sebagai wadah. Kalau menggunakan paint cakes kita hanya perlu mengusapkan kuas basah ke warna yang kitai inginkan lalu diaplikasikan ke kertas gambar.


Saya pernah melihat postingan cara membuat paint cakes saat blogwalking. Berhubung blog tersebut kebanyakan milik emak-emak yang berdomisili di luar negeri jadi beberapa bahannya alat dan bahannya agak sulit saya temukan. Kurang lebih sih seperti mengeringkan pewarna makanan dalam oven. Tapi butuh waktu lumayan lama juga (takut listrik di rumah njepret he he) dan saya belum menemukan wadah yang tepat untuk membuat paint cakes sendiri.

Ternyata di toko alat tulis juga ada paint cakes siap pakai. Kebetulan yang ada di toko alat tulis terdekat adalah Watercolor Paint Cakes dari Faber Castell. Satu set paint cakes terdiri atas 12 warna seperti yang terlihat di gambar plus sebuah kuas. Harga per setnya Rp 35.000. Memang lebih mahal dibanding cat air biasa ya (dulu saat sekolah saya biasa pakai cat air yang kotaknya warna biru, berisi 12 warna dan harganya sekarang Rp 10.000). Tapi paint cakes memang praktis dan tidak perlu khawatir banyak cat yang berceceran. Penggunaannya juga mudah dan warna yang dihasilkan juga cantik.

Baca: Cap Bintang.


Saat pertama menggunakan paint cakes ini saya harus mengajari Rayyaan dulu untuk membasuh kuasnya sebelum menggunakan warna lain. Tapi kadang Rayyaan iseng mencampur semua warnanya he he. Tapi saya nggak khawatir paint cakesnya bakal rusak warnanya karena semisal yang warna putih ternoda oleh warna lain, ya tinggal dilap saja dengan kuas basah sampai warna lainnya hilang. 

Paint cakes ini nggak hanya bisa digunakan dengan kuas tapi juga bisa digunakan untuk finger painting. Caranya kurang lebih sama, sebelum menempelkan jari ke warna lain ya basuh dulu jarinya dengan air dalam sebuah gelas kecil. Lihat nih Rayyaan membuat lukisan bunga dengan teknik finger painting bersama Mama. Warnanya cakep kaaaaan he he.

Baca: Science Project: Seledri Berwarna.



6 comments:

  1. Wiiih, mau nhyobain bikin ini juga ahhh

    ReplyDelete
  2. Baguuss jadinya warna warniii.. Tapi Naia belum mau nyobain, huhu. Masih sesukanya aja dia, gak dibikin bunga begini, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rayyaan juga masih diarahkan kok Mak. Kebanyakan sih masih suka melukis abtrak juga hi hi

      Delete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29