Saturday, February 20, 2016

Science Project: Apel, Pisang, dan Jeruk Nipis

Science Project: Apel, Pisang, dan Jeruk Nipis.

Siapa suka apel, pisang, dan jeruk nipis? Apel dan pisang enak dimakan segar dan jeruk nipis enak dibuat air jeruk nipis baik hangat maupun dingin. Ketiga buah ini juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan proyek sains. Kira-kira Rayyaan mau buat percobaan apa ya dengan apel, pisang, dan jeruk nipis ini?


Pertama tentu siapkan dulu apel, pisang, dan jeruk nipisnya. Peras jeruk nipis dan tampung airnya dalam sebuah mangkuk kecil. Lalu minta orang dewasa mengiris apel dan pisangnya dengan pisau. Ambil satu irisan apel dan dua irisan pisang, letakkan pada sebuah piring kecil. Kemudian ambil satu irisan apel dan dua irisan pisang lagi, letakkan pada mangkuk yang berisi air jeruk nipis. Bolak-balik irisan apel dan pisangnya agar seluruh permukaannya terkena air perasan jeruk nipis, lalu amati apa yang terjadi.

Tanpa air jeruk nipis (sebelum)

Dengan jeruk nipis (sebelum)

Tanpa jeruk nipis (setelah 10 menit)

Dengan jeruk nipis (setelah 10 menit)

Setelah kurang lebih 10 menit kemudian irisan apel dan pisang yang dilumuri air jeruk nipis masih terlihat segar warnanya sementara irisan apel dan pisang yang tanpa dilumuri air jeruk nipis menjadi berwarna cokelat karena proses oksidasi.


Setelah apel dan pisang diiris, tanpa kulit pelindungnya bagian dalam buah akan bereaksi dengan oksigen di udara dan berubah menjadi cokelat. Air jeruk nipis membantu mencegah proses oksidasi sehingga buah apel dan pisang terlihat lebih segar. 

Pengamatan pada irisan buah apel dan pisang ini sebenarnya bisa dilanjutkan sampai 30 menit atau 1 jam kalau ingin melihat irisan apel dan pisang yang tidak dilumuri air jeruk nipis lebih cokelat lagi. 


Sumber:

Buku Ilmuwan Cilik di Dapur - Lisa Burke.


2 comments:

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29