Monday, September 26, 2016

Kotak Berhitung

Kotak Berhitung.

Rayyaan, yuk main hitung-hitungan lagi yuk! Tapi mainnya pakai Kotak Berhitung ya. Ada yang mau punya Kotak Berhitung juga? Minta buatin deh sama Mama dan Papanya. Bahan dan alat yang diperlukan adalah kotak bekas gula atau susu, gunting, selotip, pensil warna, kertas, dan manik-manik untuk meronce. Oh iya siapkan juga sebuah wadah plastik yang muat diselipkan ke dalam kotak. Lalu bagaimana cara membuatnya?


Pertama-tama kotaknya kita bongkar dan lem kembali dengan selotip supaya bagian dalam yang polos ada di luar. Tapi di satu sisi biarkan terbuka ya. Kemudian buat dua buah lubang pada bagian atas dan hias dengan pensil warna. Tulis beberapa soal penjumlahan sederhana pada potongan-potongan kertas, lalu Kotak Bermain siap digunakan.

Baca: Ide Kegiatan Anak untuk Belajar Berhitung.



Rayyaan mengambil selembar kertas berisi penjumlahan sederhana lalu memasukkan manik-manik ke dalam lubang sesuai dengan soal yang tertera di kertas. Setelah itu, ambil wadah plastik di dalam kotak dan hitung berapa jumlah manik-manik yang ada. Kalau misalnya soalnya 1 + 2 dan Rayyaan memasukkan manik-manik sesuai soal, manik-manik di dalam wadah plastik pasti jumlahnya 3 buah. Ayo dhitung ada berapa manik-maniknya.

Baca: Science Project - Uji Pati.




Tidak sulit kan membuat Kotak Berhitung serta memainkannya. Asyiknya berhitung dengan kotak ini adalah anak belajar memahami konsep penjumlahan dengan menggunakan obyek yang konkret yaitu manik-manik. Selain itu kegiatan ini bisa menstimulasi perkembangan kognitif dan kemampuan berhitung anak.

Dimodifikasi dari permainan Penjumlahan Sederhana - Buku Rumah Main Anak 2. 

2 comments:

  1. kreatif mbak, belajar berhitungnya jadi gak bosen..btw salam kenal ya :)

    diniratnadewi.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  2. wah kreatif nih.. cobain ah.. :D
    Oh iya mau tanya mbak, sebaiknya umur berapa sih anak mulai boleh diperkenalkan dengan hitung-hitungan?

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29